Sunday, 16 December 2018

Beef Pho

Petjaaaah telor!! 🍳

Masak perdana di OZ, setelah sekian lama ga kepingin megang kompor sekarang mulai-mulai pedekate sama kompor di rumah OZ sini. Walaupun sebenernya aku ga pede sama sekali buat masakin TH, ya iyalah secara dia jago masak banget dan perfeksionis banget ama yang namanya makanan apalagi masakan. Aku selalu tegesin ke TH kalau perfeksionis hanya berlaku buat dirimu dan masakanmu saja haha berasa kayak lirik lagu, jadi kalau pas aku yang masakin yaa anggep aja dari pada makan diluar gajebo alias ga jelas bo kebersihannya jadi ya maklum aja a.k.a diem aja deh ye udah bagus gw masakin, pait-paitin dulu deh dari awal, pacar militer LOL

Anyway busway… masak phö ini gegara abis nyoba makan phö di mall kok ya rasanya anyep bin hambar bener, dah gitu namanya makan disini minimal yaaa $23 seporsi, diIndo-in hanyaaa 230k, mihil banget kaan… jadi gak rela deh keluarin duit buat makanan yang kurang enak walau bukan saya yang keluar duit *ncik-nciknya keluar😝

Bikin phö ini aslinya gampang banget sodara sodara… asal ikutin resepnya dengan baik dan benar, masukin garem gula merica dan minyak ikan ati-ati, jangan jor-joran 😝 jadi deh… kuncinya kan di kaldunyaa, nah mendingan bikin kaldu sapi dari tulang sapi ampe ngeresep atau merasuk kalbu eh kaldunya 😛 trus sama satu lagi ada beberapa spices atau rempah-rempah yang dibakar atau di panggang lah ya kalau dibakar berbahaya… itu penting banget ga boleh di skip, supaya kaldunya lebih wangi dan mantep. Daging tipisnya sengaja mentah karena nantinya akan matang pas disiram pake kuah mendidih, dagingnya jadi berasa enak dan empuk.

Hasilnya pas dihidangkan, TH bilang waah enak banget… lebih enak dari yang di mall kemarin! Ya iyalah… hahaha secaraa gitu loooh… kan dibikinnya dengan cintaa #eaaa

Beef Phö


Bahan:

Kaldu Phö:

Tulang sapi secukupnya

Air secukupnya

Seledri, simpulkan

1bh Wortel, potong menjadi 4 bagian

1bh Bawang bombay, potong menjadi 2bagian

Garam, lada, gula, kecap ikan secukupnya

Rempah Kaldu:

Batang dan akar daun ketumbar

1bh Bawang bombay, belah menjadi 2 bagian

1bh Jahe, belah menjadi 2 bagian

2bh Bunga lawang atau star anis

4bh kapulaga ijo

4butir cengkeh

2batang Kayu manis

bahan Phö Bowl:

White rice phö noodle, masukkan di air mendidih lalu bilas dengan air dingin, tiriskan

Taoge, rendam di air panas sebentar, tiriskan

Daging sapi rib eye iris tipis atau daging sukiyaki

Daun basil

Daun ketumbar

Bawang bombay, iris tipis

Cabe merah besar, iris serong tipis

Daun bawang, iris tipis

Cara Membuat:

Kaldu:

– Masukkan tulang kedalam panci yang berisi air, didihkan, buang airnya, bersihkan tulang dengan air mengalir, lalu beri air yang baru didihkan kembali.

– Masukkan seledri, bawang bombay dan wortel, kedalam air yang berisi tulang.

– Panggang semua bahan rempah kaldu, bolak balik hingga rata agar aromanya keluar, angkat, bersihkan bagian hitam bekas panggangan di rempah-rempah. Supaya kaldunya bersih.

– Masukkan rempah yang sudah dipanggang tadi kedalam air didihan tulang. Tambahkan garam, gula, merica, dan kecap ikan.

– Tunggu sampai kaldu meresap dan berkurang airnya, angkat, saring, sisihkan

Finishing:

– Tata mie phö, tauge, irisan daging mentah tipis, irisan bawang bombay, daun basil, daun ketumbar, irisan lemon, dan irisan cabe kedalam mangkok, siram dengan kuah kaldu yang mendidih, siram ke arah daging terlebih dahulu supaya daging matang, taburi dengan daun bawang

– Sajikan dengan saus hoisin dan saus siracha, ditambah irisan cabe rawit enak jugaaa


No comments:

Post a comment