Kuliah di Universitas Terbuka, Semester 6, Done!

Duh Puji Tuhan banget deh kalau ngomongin tentang kuliah aku ini... 

Banyak sih yang dm or text nanya-nanya soal UT alias Universitas Terbuka ini, pada tanya gampang gak sih, susah gak sih, gimana cara daftarnya, berapa biayanya, yah yang namanya sekolah pasti gak ada yang namanya gampang, juga gak ada yang namanya susah pake banget, yang ada butuh ketelatenan dan fokus mengerjakan semuanya dengan baik dan tepat waktu belajar disiplin, betul-betul yang meluangkan waktu dan disiplin. Jadi harus betul-betul komitmen nggak ada yang namanya warm-warm chicken shit lol 😆 

Yang namanya belajar apalagi kok ambil sekolah lagi dan bukan kursus singkat pula kan... kudu nanya sama diri sendiri, bisa gak komitmen 4 tahun men, trus ada gak waktu, males ngga nantinya, jangan sampe udah daftar udah bayar, ternyata putus ditengah jalan, sayang banget kan.

Pertama kali aku ikut UT, aku lupa ya tau dari mana, waktu itu aku ada di Bali, sebenernya aku pernah ambil kuliah hukum di Jakarta tahun 2014 kalau nggak salah di Universitas Esa Unggul, yah tapi begitulah putus ditengah jalan karena waktu itu aku bolak balik ke Bali Jakarta, dan nggak ada kesadaran tentang pentingnya yang namanya sekolah. Akhirnya temen-temen semasa di Esa Unggul pada lulus SH dan aku yang aduuuh sayang ya dulu nggak di lanjutin, makanya aku bertekad bulat aku harus sekolah lagi. Pernah juga waktu itu aku sempet mau daftar Universitas yang ada di Bali gitu, dan nggak tahu gimana udah diatur sama Tuhan rasanya, aku jadilah daftar di UT Bali yang ada di Denpasar tahun 2017.

Dapat informasi UT dari mana, google lah... trus aku cari kantor UT cabang terdekat. Informasi semuanya sudah ada di website UT, persyaratan semuanya, jadi aku datang ke UT sambil bawa semua dokumen, isi formulir, setelah semuanya selesai membayar uang spp satu semester. Sah deh jadi mahasiswi UT! 😁

Setelah aku daftar langsung ambil buku materi di kantor UT itu juga, jadi biaya persemester itu sudah termasuk buku materi sodara-sodara, aku bayar mostly persemester hanya Rp. 1.300.000,- Itu beneran sih kuliah termurah yang pernah aku tau. Semuanya beneran kayak dimudahkan banget, dan diatur sama Tuhan, jujur pas aku daftar UT dulu aku belum ada niatan buat pindah ke Australia, kok ya Tuhan aturnya sini lu ke UT aja jadi tar gak perlu dateng ke kampus di Bali, karena semuanya online, jaman sebelum corona kuliah online itu jarang banget deh di Indonesia gak kayak sekarang semua sekolah online. 

Semester 1 aku ketinggalan banget, karena waktu itu pas aku udah mulai stay di Australia dan waktu itu ada Round The World Trip. Jadi gak ikut ujian deh gak lulus semua itu semester 1, trus semester 2 yang udahlah gak usah kuliah lagi, mulai galau dan malas. Udah deket-deket semester 3 aku tuh yang kayak di tampar, ayuk kuliah lagi sayang kalau gak! Lagi lu ngapain di Oz haha hihi doang gak ngapa-ngapain. Akhirnya aku kontek UT Bali dan lagi-lagi Tuhan tuh betul-betul bekerja dalam hidup aku kalau dipikir-pikir semua dimudahkan sampe aku di bantu sama Mbak Cok salah satu staf UT Bali waktu itu yang super duper baik, udah cantik, baik banget pula... Dipindahkanlah itu UT aku yang tadinya di Bali jadi UT Luar Negeri Sydney Australia, ternyata UT Luar Negeri ini banyak sekali dan dimana-mana diseluruh dunia. Jadi betul-betul semua via online, daftar mata kuliah persemester, bayar uang semester bisa lewat Tokopedia kalau gak ada Online Bank yang kerja sama dengan UT. Dan Ujiannya sebelum Covid kita biasa ujian di Wisma KJRI di Sydney sini aku beberapa kali deh ikut di sana sampai kenal dan ketemu sama temen-temen yang ikut ujian di sana juga. 

Selama aku skip satu semester, semester 2 aku gak bayar sama sekali, jadi bagusnya UT adalah kalau kita nggak bayar berarti gak ikut semester dan kalau mau kembali ke semester 3 ya langsung bayar aja semester 3, sambil ada tambahan semester yang ketinggalan. Mostly persemester Rp. 325.000,- jadi kalau ketinggalan dua semester tinggal dikaliin aja tuh berapa 😅 Itulah akibatnya hukuman buat orang yang malas dan angot-angotan seperti saya diawal-awal UT 😁

Cara belajar UT, jadi setiap kita ada yang namanya Moodle app untuk TUTON, Tutorial Online, yaa kesannya kayak kuliah lah perminggunya disitu sudah disediakan misal kita ambil 6 atau 7 mata pelajaran ya semua disitu, kayak bahan ajar, trus kita disuruh diskusi tulis pendapat kita setiap pertemuan, ada tes PG review, dan setiap 3 kali pertemuan ada tugas yang harus dikerjakan, at the end ujiannya semua online di masa COVID begini.

Nanti kapan-kapan aku bakal post di blog mendalam tentang Moodle ini hehe.

Sekarang aku masuk semester 7, Mau sedikit sharing tentang semester 6 yang baru aja selesai, jadi kemarin aku sempet ketinggalan TUTON (tutorial online). Kenapa bisa ketinggalan, karena sebelum perkuliahan dimulai kita diharuskan untuk mengklik sebenernya as simple as that, Persetujuan mengikuti TUTON, aku pikir aku tuh udah klik, ternyata belum sodara-sodara... aku beneran itu pelajaran seteliti-telitinya orang bisa juga kelewatan hadeh, gak tau gimana eeeh kok TUTON aku muncul lagi di Moodle, setelah 4 kali pertemuan kayaknya, akhirnya aku kejer sebisa mungkin kerjain tugas mingguan dan tugas perberapa pertemuan.

Pas ujian karena ujian kali ini sistem THE (Take Home Exam) semacam Ujian Akhir Semester yang harus didownload di hari itu sesuai jadwal hari dan jam yang ditentukan testnya dan upload balik jawabannya, lagi-lagi saya dengan pedenya kelewat 4 mata pelajaran karena salah tanggal, aku pikir dan udah yakin ujian di hari Senin, ternyata ujian saya hari Minggu 😭 Pas cek ujian dan salah baru sadar ternyata ada ujian sebenernya di hari Rabu sebelumnya, ampun dije jadi gak bisa ikut ujian karena system udah di lock, akhirnya pasrah siap-siap ngulang aja lagi itu 4 mata pelajaran.

Puji Tuhan bener deh... kok ya UT ngadain ujian susulan buat orang-orang yang kelewatan gak ikut ujian, ternyata banyak juga orang-orang yang kelewatan juga, karena system THE ini baru jadi orang belum begitu familier, langsung deh aku perhatiin bener2 dan dikerjakan semaksimal mungkin, sesuai waktu yang ditentukan. Jadi waktu itu THE di download dan di upload kembali dalam waktu 24 jam, Puji Tuhan udah selamet bisa juga tu keupload. Mana aku beberapa mata pelajaran pas Ujian bandel masih keluar alhasil ngerjainnya di bus, atau di train aku kerjain di notepad trus tak email baru pas dirumah salin ke lembar jawaban haha luar biasa 😝

Makanya pas kemarin nilai keluar diumumin aku yang kaget dan puji Tuhan banget bisa dapet A semuanyaa 😭 terharu... suer aku terhura banget... ini dua semester berturut-turut aku dapet semua A hiks, puji Tuhan beneran...


So namanya menuntut ilmu dimana2 perlu efforts dan kerja keras serta ketekunan, yang paling utama pertolongan Tuhan pastinya, karena pas aku sudah pasrah ya sudahlah mau gimana lagi gak ikut tuton, trus mau gimana lagi kelewatan ujian gak lulus deh eh ada aja jalan yang disediakan Tuhan dan semua mengalir aja dimudahkan prosesnya.

kalau sekiranya yang di upload di FB or Instagram kayak gampang dan sekejab trus kesannya gak ribet... anda keliruuu itu TUTON tiap hari ada aja, dan apalagi kalau pas ada Tugas menguras waktu beneran, tapi, tidak ada kerja keras yang sia-sia pokoknya.

Anyway im so grateful for everything, and im enjoying every process of it.
Thanks God ❤️





Comments

Popular Posts