COVID-19 UPDATE di Sydney Australia

Tidak sampai sebulan setelah aku post jumlah covid yang meraja lela dan sedang tinggi-tingginya di Sydney Australia, sekarang semakin dua kali lipat saja saudara-saudara. Yep sangat meresahkan pake banget. 

Di Sydney atau New South Wales, setiap jam 11.00 pagi kita selalu mendapatkan update dari pemerintah tentang berapa kasus COVID dalam 24jam terakhir. Setiap pagi Premier, pemimpin dari pemerintahan state Gladys Berejiklian memberikan Conference press tentang keadaan terkini dan langkah apa yang harus dilakukan. Dari sini lah kita tau update terkini tentang Covid-19 di NSW.


Pertanggal 11 September 2021, NSW mencatat sebanyak 1599 orang yang terkena COVID-19 dan sebanyak 221 orang yang di ICU. 
Kita sudah hampir 3 bulan lockdown dan ada strict restriction, diantaranya kita tidak boleh keluar dari daerah suburb kita, hanya boleh keluar untuk exercise, dan belanja essensial atau bekerja. Jika melanggar dendanya beraneka ragam bisa $500 bisa $5000 bisa juga $11000. Mengerikan kan... makanya kalau sudah menyangkut denda sebegini banyak, orang jadi mikir mau melanggar bukan masalah peduli sama COVID lagi melainkan supaya tidak di denda. 





Sekarang ini pemerintah sedang menggalakkan pentingnya vaksin COVID-19 ini. Setiap orang dianjurkan untuk segera melakukan vaksinasi supaya ada kekebalan terhadap COVID-19. Sayangnya... tidak semua orang di Australia mau di vaksin, alasan mereka beraneka ragam, ada yang tidak percaya karena vaksin ini baru penemuannya, ada yang berpendapat my body my freedom, ada juga masalah kesehatan. Kalau seandainya masalah kesehatan masih bisa diterima lah ya, cuman kalau sudah menyangkut pilihan dan orang tertentu kekeh dengan pilihan mereka ya bagaimana kita mau bersama-sama memerangi COVID-19 ini. 
Di Sydney menurut pengalaman aku, vaksin ini free dan dimana aja asal kita telaten cari bagi yang tidak mempunyai medicare ya bisa dimana saja bisa di pharmacy dan mereka suka ada free vaccination.
Aku bersyukur karena aku langsung ambil inisiatif waktu itu, disaat orang tidak percaya dan takut sama Astra Zeneca aku langsung ambil Astra Zeneca karena menurut aku apa aja kesempatan kenapa tidak diambil. 

Sekarang ini bukan number cases lagi yang menarik perhatian aku, tetapi jumlah persentase double vaccinated yang di hitung. Pemerintah NSW sudah menentukan begitu mencapai target 70% double vaccinated maka lockdown langsung dibuka. 
Saat ini jumlah persentase NSW for double vaccinated 45.6% 


Walau setiap hari naik hanya 1,1% tapi not bad kan... kita berharap sekali bisa mencapai 70% secepatnya. Dalam hitungan aku kalau setiap hari konsisten minimal 1,1% maka kita bisa mencapai 70% pada hari Jumat tanggal 7 Oktober 2021. Itu berarti hari Senin tanggal 11 Oktober kita bakal bebas dari lockdown. Mudah-mudahan sebelum tanggal itu kita bisa cepat mencapai target.  Aku benar-benar sangat menanti hari lockdown selesai. 

Okay, sebelum membahas tentang free for lockdown, kita bahas dulu keringanan larangan di NSW per hari Senin besok untuk orang-orang yang sudah komplit vaksinnya. 
- Kita bisa berkumpul outdoor bersama 5 orang lainnya dengan catatan orang tersebut harus juga double vaksin. 

Mungkin kelihatannya sepele tapi buat yang punya teman banyak aduh ini benar-benar angin surga banget akhirnya bisa keluar rumah buat piknik tanpa dibatasi waktu. 

Pemerintah NSW menyebut Road Map to 70 per cent vaccination. Seperti yang aku sudah jelaskan sebelumnya jadi pemerintah NSW akan segera mengumumkan bebas lockdown pada hari Senin-nya setelah kita mencapai 70% full vaccinated. Jadi 70% ini benar-benar angka keramat pokoknya, angka yang sangat ditunggu-tunggu sama semua penduduk NSW. 


Tentunya, masih dengan berbagai restriction seperti mandatory pakai masker dan lain sebagainya. Dan persiapan lockdown disatu area kalau kasus dirasa sangat menyebar dengan cepat, selama dua minggu supaya area lain tidak terkontaminasi.

Jujur ya buat aku pribadi, keadaan lockdown dan COVID-19 ini sangat amat menyiksa. Khususnya buat aku yang sekian lama tidak bertemu sama anak-anak di Indonesia. Makanya waktu orang-orang turun kejalanan buat protes dikala lockdown, aku benar-benar kecewa pake banget. Bukan cuma mereka yang kena dampak COVID ini, aku pun juga, dan yang lainnya pun juga sudah sekian lama tidak bisa bertemu keluarga mereka yang tinggal di Indonesia atau di Negara manapun juga. Kalaupun aku menyampaikan kekesalah atau kekecewaan pada para pendemo bukan berarti aku hidup sudah enak harus mengerti mereka butuh uang makanya demo, mari sini dicoba kalau sudah hampir 3 tahun tidak bisa ketemu sama anak sendiri bagaimana perasaannya. Terkadang sama orang-orang yang entitled dan ignorant itu ya susah, diam dan menghindari orang-orang seperti itu adalah jalan yang paling baik. For the Mental health apalagi saat-saat seperti ini. 

Makanya yah tak henti-henti aku berdoa, semoga COVID ini cepat berlalu. Mau menghilangkan sama sekali cuma keajaiban Tuhan yang bisa, langkah satu-satunya ya hidup dengan COVID-19 ini dan vaksin, supaya kita ada kekebalan dan supaya kita bisa proteksi bukan cuma kita sendiri tapi keluarga kita. 

Stay safe, Take care
D








Comments

Popular Posts